Permata Gunungkidul: Pantai Wohkudu

Terhitung saya absen mengisi blog ini selama kurang lebih tiga tahun lamanya. Ada banyak cerita yang menanti untuk dituliskan di sini, dan saya tidak ingin absen dalam mengolah kata lagi. Sebelumnya, saya memindahkan sebagian isi blog ini ke Tumblr, tetapi tidak sedikit pula banyak postingan yang saya hidden (sebab saya tidak ingin membuka luka kembali, hahaha just kidding!).

Untuk membuka kembali lembaran baru ini, saya ingin pula membukanya pula dengan memori pertama dan terindah saya menapaki bumi Gunungkidul. Yah, saat saya lulus SMA dulu (lol udah lama banget :D)

Jeng jeng....

a little piece of heaven on earth, pantai wohkudu
Pantai Wohkudu, sebuah permata Gunungkidul. Ini engga main-main bagusnya, bagus banget masyaAllah! Belum pernah sebelumnya dan sampai sekarang pun saya belum menemukan pantai secantik ini. Pantai ini terletak di Dusun Panggang, dari Terminal Giwangan masuk ke Jalan Imogiri Timur, kemudian ikuti arah ke Jalan Imogiri-Siluk. Dari jalan tersebut ikuti ke arah Jalan Siluk-Panggang sampai Jalan Raya Panggang. Setelah itu, harap pakai Google Maps saja karena rutenya susah sekali untuk diamati tanpa GPS :D

Pantai ini memang terdapat di daerah pedesaan, sehingga untuk mencapainya kita akan melewati desa-desa di Gunungkidul naik turun bukit gitu lah, haha. Agak susah juga karena jalan yang ada belum terlalu bagus di mana hal tersebut mengakibatkan kita akan memakan waktu lebih untuk mencapainya. Ketika sampai di desa Wiroso, kita akan menjumpai lahan pertanian yang sangat luas, kiri kanan orang-orang desa pasti sedang bercocok-tanam umbi, jagung, sayur, talas, dan lain-lain. Nggak sedikit kok traveler yang ke sini kecele dan berhenti di tengah jalan untuk bertanya dengan penduduk desa karena kadang-kadang GPS pun bisa bandel, dan jangan khawatir mereka akan memberikan petunjuk arah yang jelas.

Sampai di parkiran, kita akan diberitahu oleh penjaga parkir kalau kita akan menuruni bukit dan naik bukit dan turun bukit lagi sambil berjalan kaki tentunya haha untuk sampai ke Pantai Wohkudu. Butuh tenaga dan effort yang banyak. Tetapi, hal itu akan terbayar dengan keindahan Pantai Wohkudu ini!

Memang, kecantikan Pantai Wohkudu ini terletak dari bibir pantainya yang bersentuhan langsung dengan karang-karang dan biota laut kecil. Ekosistem kecil itulah yang bersentuhan dengan pasir pantainya yang putih, dan seeeerrr... Ombak yang cantik pun menerpa kaki. Sueger tenan!

Kalau berani, bisa loh kita menaiki batu-batu karang di sisi kanan dan kiri pantai. Dari atas batu karang tersebut kita bisa melihat deburan ombak dengan jelas dan suaranya merdu hihi. Tapi yah, hati-hati ya, karena saya pernah kepleset saat naik batu karangnya, namanya juga pecicilan :D

Jika sudah berada di atas batuan karang, kalau beruntung kita akan menemukan pula hewan-hewan laut kecil seperti kepiting ataupun kerang yang tinggal kerangkanya saja. Tetapi seperti termumifikasi secara sempurna. Saya awalnya berpikir, kok bisa yah hewan sekecil itu sampai naik-naik gitu? Padahal saya aja ngos-ngosan lol. Atau mungkin itu sudah ada ribuan tahun yang lalu ketika daerah Panggang masih menjadi lautan? :D

Fyi, dari bibir pasir pantai, sebelumnya langsung bersentuhan dengan bukit kecil berumput hijau yang rimbun banget, Biasanya, traveler yang ke sini sekalian camping, karena katanya bagus banget kalau pagi (walaupun nggak terlalu kelihatan sunrise karena kiri-kanan ketutup bukit) dan malam hari. Di pantai ini kalau malam hari, bagus juga untuk berburu milky way katanya (saya belum pernah hunting milky way sih, tapi soon yah!)

Saya sendiri seneng banget ke sini. Saya ingat betul, setelah ke sini, saya jadi hobi jalan-jalan ke Gunungkidul! Apalagi pantai-pantainya... luar biasa indah ^^